KPU Gelar  Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Morowali 2018

INDONESIASATU.CO.ID:

MOROWALI- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali baru saja mengelar Rapat koordinasi Teknis Pelaksanaan Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali tahun 2018.
Acara tersebut berlangsung di Aula Kantor KPUD Kompleks KTM Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali dam nantinya akan dulaksanakan Debat Paslon pada tanggal 24 Maret 2018.

Untuk itu Rapat Koordinasi Teknis pelaksanaan Debat publik Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Morowali 2018 digelar dan dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Morowali  Wahyudin Abd Wahid, Anggota Komisioner KPU Kab.Morowali, Paslon Bupati nomor urut 1 Drs Taslim, Haris Nunu-Isamil Suaib Paslon No urut 5, H.Ambo Dalle-Aminudin Awaludin Paslon No urut 2, Kabag OPs Polres Morowali  AKP Tomy, LO masing-masing Paslon dan Tim News TV Jakarta.

 Serta para  Tim Pakar pada tahapan Kampanye Debat Publik Dr.Tomi  Maskuri Utomo M.Si (Ahli Bidang ekonomi), Ir.Acmad Risal.Phd (Ahli perikanan dan kelautan, Dr. Aminudin Kasim SH.Mh ( Ahli Bidang Hukum), Dr.Risal Dyaz Djalaengkara ( Ahli Bidang kebijakan publik), Drs.Irwan Karim (Ahli Bidang pertambangan /Sosiologi).

Ketua KPU  Wahydun Abd Wahid  dalam penyampainnya bahwa tujuan rapat ini adalah kita bahas bersama dengan baik  sehingga kita bisa mengambil keputusan yang baik dan disepakati bersama dan menjadi acuan kita pada saat Debat Publik nanti. "Yang saya garis bawahi disini adalah ketertiban dan keamannya karna Debat publik ini akan ditonton secara live seluruh indonesia."

Sementara itu Dr.Aminudin Kasim Sh.Mh  selaku Koordinator Rakornis mengharapkan bantuan kepada pihak keamanan supaya kegiatan dapat terselenggarakan dengan baik dan aman. "Saya harapkan kepada tiap Paslon agar meyampaiakan Visi dan misi jangan terlalu panjang,terkait durasi waktu."

Disegmen ke dua, disegmen ini Moderator akan bertanya kepada tiap-tiap Paslon ini juga terkait waktu jadi saya harapkan Tiap-tiap Paslon agar menjawab yang ringkas dan tepat.

Disegmen 3 akan dilaksnakan tanya jawab antara Paslon ini juga terkait dengan waktu jadi saya minta disiapkan pertanyaan yang pendek-pendek.harap Aminudin.

Kabag Ops Polres Morowali AKP Tomy, "Untuk kemanannya nanti dipintu masuk akan kami lengkapi dengan alat deteksi,jadi kami sampaikan pemeriksaan ini tanpa terkecuali. Kami sampikan juga untuk Ketua KPU agar mengatur atau bisa menseting dimana akan dipasang layar lebarnya."

Sementara itu Hasil Rakornis diputuskan yaitu 
1. Debat publik di bagi menjadi 4 segmen yaitu :
a. Segmen I penyampaian visi dan misi 
b. Segmen II moderator memberikan pertanyaan kepada setiap pasangan Calon.
c. Segmen III masing-masing Paslon memberikan pertanyaan kepada setiap Paslon.
e. Segmen IV dose statement dimana Paslon diberikan kesempatan untuk menyampaiakn harapan kepada masyarakat.
2. Pada segemen I setiap Paslon diberikan kesempatan menyampaiakn visi misi selama 3 menit.
3. Segmen II masing-masing Paslon diberikan waktu 1 menit 30 detik untuk menjawabsetiap pertanyaan dimana setiap Paslon menyediakan 8 pertanyaan yang akan diundi dan disampaikan oleh moderator.
4. Segmen III satu Paslon menyampaikan pertanyaan yangbsama kepada 4 Paslon  dan seterusnya ,dimana setiap Paslon diberikan waktu menjawab 1 menit 30 detik.
5.Pada segmen III setiap Paslon akan mendapatkan kesempatan untuk penanya pertama.
6. Segmen ke IV close statement atau penutup dimana setiap Paslon dinerikan kesempatan untuk menyampaikan hal-hal yang ingin disampaikan kepada masyarakat selama 1 menit.(supriyono).
 

  • Whatsapp

Index Berita