Kapolrestabes Medan Sumatera Utara: Wartawan Punya Peran Penting Dalam Wujudkan Suasana Kondusif

INDONESIASATU.CO.ID:

SUMATERA UTARA - Kapolrestabes Medan KOMBES Pol Dadang Hartanto menegaskan wartawan mempunyai peran penting dalam mengwujudkan suasana kondusif terutama dalam menangkal isu SARA. Penegasan ini disampaikan Kapolrestabes Medan, KOMBES Pol Dadang seusai menghadiri acara dialog yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan, Senin (23/04/2018) di Hotel Madani Medan.

Kapolrestabes Medan juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan dan soliditas antar umat beragama di Kota Medan, yang tentu ini tidak terlepas dengan peran media dalam menyampaikan suatu informasi positif.

KOMBES Pol Dadang mengajak masyarakat Medan untuk lebih arif dalam menyikapi suatu informasi yang disampaikan melalui media sosial, terlebih adanya isu black campaign maupun sara yang tentunya harus dicek kebenarannya.

Asisten Pemerintahan Sekdakot Medan, Mussadad mengatakan dengan adanya kegiatan dialog ini, Medan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam keberagaman.

Terlebih lagi ini sudah teruji dengan beberapa kali adanya isu berbaur sara tidak terpengaruh, ini bisa terjadi karena satu sama lainnya saling memahami dan menghormati ini harus tetap terjaga.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Medan, Ilyas Halim, Ketua FKUB dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk menjaga kerukunan umat beragama dengan berbagai potensi konflik yang ada, perlu adanya koordinasi dengan unsur berbagai pihak baik itu pemerintahan, aparat kepolisian, tokoh dan agama termasuk dari media. Karena peran media cukup besar dalam menjaga kekondusifan yang selama ini telah terjaga.

Acara yang dihadiri oleh para pemuka agama, tokoh pers Sumatera Utara, dan para awak media tampak mendengarkan arahan dari pembicara dalam hal ini, Kapolrestabes Medan, KOMBES Pol Dadang Hartanto, Aspem Sekdakot Medan, Mussadad, Perwakilan PWI Sumut, Sopyan Harahap, dan Ketua FKUB Medan, Ilyas Halim.(Adhy/Amsal)

Index Berita