Jum'at Barokah,Kapolresta Pekanbaru Santuni Ibu Penjual Es

WARTABHAYANGKARA.COM: PEKANBARU - Ibu Saminta yang berusia 54 tahun sudah ditinggal suami karena meninggal dunia sejak 9 tahun yang silam. Dengan kehidupan kurang mampu bekerja sebagai jualan es dengan harga Rp 1000 di pinggir jalan  SDN 124, dan makanan ringan anak SD. Ibu Saminta memiliki 3 orang anak dimana 1 orang telah meninggal dunia dan 2 tinggal bersamanya di rumah papan yang tidak lain menumpang. Untuk biaya anaknya sekolah, ibu Saminta mengakui mengangsur pembayarannya, bahkan makan pun minta bantuan dengan Lurah.

Mendapat informasi tersebut, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH langsung tergerak hatinya meninjau lokasi rumah ibu Saminta. Walau sepadat apapun jadwal tugas yang diemban Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH pada hari ini, Jumat (10/11/2017), namun Kombes Pol Susanto tetap ingat Program Jumat Barokah, yang mana Program tersebut merupakan suatu program bentuk kepedulian Polisi kepada Masyarakat. Biasanya, Program Jumat Barokah Polresta Pekanbaru dilaksanakan setiap Jumat pada pukul 10.00 WIB. Namun untuk kali ini, jadwalnya diundur beberapa jam. Setiba di lokasi yang telah ditentukan dari hasil survei Tim Jumat Barokah Polresta Pekanbaru di rumah ibu Saminta Boru Hasibuan (54) di jalan Toman Ujung RT 01/RW 05 Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, sebagai sosok pemimpin yang bijaksana, Kapolresta langsung menyampaikan permintaan maafnya kepada Ibu Saminta, Camat Rumbai,  serta yang hadir disana karena keterlambatan waktu yang telah ditentukan dari awal dikarenakan padatnya kesibukan dalam bertugasnya. Namun, Kombes Pol Susanto mengutarakan bahwa didalam kesibukannya tersebut, ia tetap ingat akan jadwal Program Jumat Barokah.

"Permohonan maaf kami yang dijadwalkan habis upacara Hari Pahlawan 10 November kesini. Namun ada kepadatan, habis Hari Pahlawan, ada tamu dari Kementerian PAN RB, lalu Shalat Jumat dan setelah itu dampingi tamu sampai sore ini. Dan setelah ini, ada dua tamu atau kegiatan kami lagi," kata Kapolresta Pekanbaru. Yang ketiga, sambung Kombes Pol Susanto, kami keluarga besar Polresta Pekanbaru bersama seluruh anggota menyisihkan sebagian rezeki kami yang akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu. "Kegiatan kami ini berjalan dari bulan Ramadhan ada tim dari Waka. Dan Insya Allah, kita terus bergerak melihat masyarakat-masyarakat kita yang kurang mampu," ujar Kombes Pol Susanto. Dijelaskan kembali Kombes Pol Susanto. Maksud dan tujuan Tim Jumat Barokah Polisi Peduli Masyarakat Polresta Pekanbaru ke rumah ibu Saminta dan keluarga adalah memberikan manfaat sehingga kita bisa mengetahui bahwa masih ada masyarakat-masyarakat di lingkungan atau sekitar kita yang kurang mampu. "Mohon maaf kalau bapak-bapak, ibu-ibu yang telah lama menunggu. Kami tidak membatalkan atau diwakilkan, saya langsung hadir disini. Dan harmonisasi yang saya lihat sekarang ini ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta pak Camat dan masyarakat seperti diharapkan bisa terus terjalin," jelas Kombes Pol Susanto.

Sementara itu, Camat Rumbai, zulhelmi Arifin dalam sepatah katanya mengucapkan rasa terima kasih kepada Kapolresta Pekanbaru dan rombongan yang telah hadir di rumah ibu Saminta di Kecamatan Rumbai. "Kegiatan baik seperti ini (Jumat Barokah,-red) hendaknya ditularkan kepada kami dan Insya Allah kami juga bisa turun seperti ini," harap Camat Rumbai. Usai temu ramah, Kapolresta Pekanbaru spontanitas langsung bersimpuh memberikan langsung bantuan dana dihadapan ibu Saminta. Selain itu, juga ada bantuan Sembako. Ibu Saminta pun langsung terharu saat itu dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kapolresta Pekanbaru. Tidak lupa, masyarakat pun menjamu Kapolresta Pekanbaru dengan tapai dan buah-buah segar hasil kebun masyarakat dan dilanjutkan berfoto bersama. Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto saat diwawancarai wartawan menyebutkan, pada kegiatan Jumat Barokah kali ini di wilayah Rumbai yang lokasinya cukup jauh. "Biasanya kegiatan-kegiatannya di kota, tapi kali ini di Rumbai. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Camat, seluruh elemen masyarakat, ada juga Babinsa yang hadir, Bhabinkamtibmas, pak RT, pak RW, Kapolsek. Dan ini menunjukkan sinergitas antara elemen masyarakat dalam melihat, mencermati dan membantu masyarakat yang kurang beruntung di sekitar kita," jelas Kapolresta Pekanbaru.

Camat Rumbai kepada wartawan mengatakan bahwa sinergitas yang dilakukan seperti ini bisa memecahkan suatu permasalahan-permasalahan yang terjadi salah satunya membantu masyarakat yang kurang mampu. Ditambahkan Camat Rumbai, kegiatan membantu masyarakat kurang mampu Insya Allah akan dilakukan bersama-sama dengan Kapolsek serta Danramil. Sementara itu, ibu Saminta kepada wartawan sempat menguraikan air mata haru karena ia merasa diperhatikan langsung oleh Kapolresta Pekanbaru. "Suami saya sudah meninggal. Anak saya kadang di sekolah ada belanja, kadang tidak," tangis Ibu Saminta. Ibu Saminta pun sambil menguraikan air mata, terus mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Polresta Pekanbaru. Tampak hadir Wakapolresta Pekanbaru, Kasubag Humas Polresta Pekanbaru, Kapolsek Rumbai, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Jumat Barokah Polisi Peduli Masyarakat Polresta Pekanbaru serta masyarakat sekitar dan pengurus Dewan Pimpinan Kecamatan Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Rumbai.